carilah semut dan belajarlah dari mereka...

Friday 25 November 2011

Tips mempercepat koneksi internet

Seperti kita ketahui ada dua hal yang menjadi inti penting dari usaha warnet. Yaitu performance komputer dan management bandwidth koneksi internet. Dua hal ini harus dijaga demi kenyamanan dan kepuasan pelanggan supaya mereka merasa betah dan menjadi pelanggan tetap warnet kita. Jika modal kita besar, dengan mudah spesifikasi komputer dibuat sangat canggih dengan performance yang tinggi. Kemudian kita dapat membeli bandwidth koneksi internet yang besar dengan harga yang mahal. Sehingga dua hal penting itu sudah kita punyai.
Namun bagaimana jika modal kita terbatas dan kita ingin membuat usaha warnet murah. Yang kita inginkan adalah membeli spesifikasi komputer yang tidak terlalu tinggi dan berlangganan bandwidth koneksi internet yang tidak besar sesuai dengan bajet kita yang punya tanpa mengorbankan performance komputer dan kecepatan berinternet. Berikut ini diberikan beberapa tips mensetting komputer agar lebih ringan kinerjanya dan tidak menyerap bandwidth koneksi internet secara berlebihan.
Setting “ menu performance “ komputer. Pada defaultnya windows sangat mengutamakan user interface dengan tampilan efect yang bagus. Namun sebenarnya ini tidak diperlukan dan justru memakan memory sehingga menyebabakan kinerja komputer menjadi agak berkurang. Efect tampilan windows ini dapat kita kurangi dengan cara mensetting ” menu performance ” dengan tahapan sebagai berikut. klik kanan icon ” My Computer ” yang terdapat di desktop -> klik ” properties ” -> klik tab ” Advance ” -> klik tombol “setting” di panel “performance” -> centang ” Adjust to best performance ” dan klik tombol OK.
Matikan beberapa service yang tidak perlu. Ketika windows berjalan, sebenarnya ada beberapa program yang ikut berjalan tapi tidak tampil di layar monitor inilah yang disebut service. Service ini tidak kita perlukan bahkan ada yang justru merugikan karena memakan alokasi memory dan diam-diam tanpa kita ketahui akan menyedot bandwidth koneksi internet. Service yang saya akan matikan hanya dua yaitu service yang berhubungan dengan auto update windows dan service yang berhubungan dengan security center. Berikut adalah tahapannya . Klik start menu -> setting -> control panel -> Administrative tools -> services. untuk menonaktifkan service automatic update, cari automatic update -> klik kanan -> properties -> klik tombol stop dan ubah startup type menjadi disable -> klik tombol ok. Kemudian untuk menonaktifkan security center. Cari security center -> klik kanan -> properties -> klik tombol stop dan ubah startup type menjadi disable -> klik tombol ok. Jika ketemu service lain yang tidak diperlukan silahkan lakukan tahapan diatas.
Okeh segini dulu aja.. sebenarnya masih ada yang lain. Tunggu aja ya bagian keduanya. Dengan memperbaiki kinerja komputer dan koneksi internet mudah-mudahan dapat menambah peluang usaha warnet kita. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More